Cara Bergaul yang Baik dan Benar Agar Disukai Oleh Orang Sekitar

oleh -
Rear View of Group of Friends Hugging

Dalam.co.id – Apakah kalian memiliki kesulitan untuk untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman teman kalian? Bagaimana caranya supaya orang di sekitar kamu senang dengan kamu?

Pertemanan adalah skill yang kita dapati sejak kecil dan sangat penting, karena kita adalah makhluk sosial yang memerlukan interaksi dengan mansusia lain. Dalam dunia bisnis dan entrepeneurship pertemanan dan networking sangat penting. Berikut teknik agar orang disekitar nyaman dengan kita.

1. Jangan Mengkritik, Mengkutuk dan Komplain.

Sudah nature seorang manusia untuk menghakimi mengkritik, mengkutuk dan komplain ke orang lain. Dan juga nature seorang manusia untuk mendefense, bertahan sendiri, tidak mau disalahkan dan membenarkan diri sendiri.

Jika orang tersebut tidak terbuka untuk di kritik mau kritikan bagus atau bukan akhirnya yang terjadi adalah:

  1. Sia-sia untuk diberi kritikan
  2. Malah membahayakan hubungan
  3. Orang tersebut akan memiliki kepahitan.

Tips untuk menggantikan kebiasan mengkritik:

  • Lihat dari sudut pandang individu tersebut dan cobalah untuk mengerti (tingkah laku individu tersebut) kenapa terjadi seperti itu.
  • Cari tahu dulu kenapa mereka seperti itu dan coba fahami situasi (perasaan) orang tersebut.
  • Kita dapat lebih bersimpati, toleransi, kompromi dan berjiwa besar. Karena “untuk mengetahui segala sesuatu adalah untuk mengampuni semua”

Jika anda benar-benar ingin mengkritik orang begini cara yang baiknya. Gunakan “The Sandwich Technique” atasnya ada roti tengahnya isi kemudian bawahnya roti lagi, maksunya yaitu:

  1. Beri pujian yang jujur dan ikhlas ke orang tersebut.
  2. Baru sisipkan kritikan atau hal yang menurut anda kurang tepat.
  3. Beri kembali pujian jujur dan ikhlas ke Individu tersebut.

2. Beri Pujian yang Ikhlas dan Jujur.

Sifat alami manusia untuk adalah untuk dihargai, dibanggakan dan merasa penting. Jadi jika kamu melihat sesuatu yang menarik dari seseorang berilah pujian yang jujur.

Karena 95% waktu kita untuk memikirkan diri sendiri, tetapi jangan cari muka dengan memberi pujian dan sanjungan yang bohong karena kata-kata memiliki kekuatan untuk menghidupakn atau membunuh dan lebih tajam dari pisau/pedang.

Semua orang memiliki hal yang lebih hebat atau pandai dari kita, dengan begitu kita bisa belajar dari mereka. Be humble dan jangan sombong bro.

3. Perbanyak Tersenyum.

Arti dari tersenyum adalah:

  1. Saya suka dan senang berbicara dengan anda.
  2. Anda membuat saya bahagia ketika berbicara dengan anda.
  3. Saya senang untuk berjumpa dengan anda.

Dengan tersenyum kita telah memberikan good impression, makanya ada pepatah mengatakan orang tidak tersenyum lebih baik tidak membuka toko/berdagang.

4. Ingat Nama Orang Tersebut.

Ketahui dan ingat nama orangnya, tahu pengucapannya karena nama adalah kata-kata paling indah, paling penting dalam bahasa hidupnya dan yang paling disukai dalam hidupnya.

5. Menjadi Pendengar yang Baik dan Dorong Agar Mereka Berbicara Tentang Dirinya.

Selalu berupaya agar si lawan bicara senang dan enjoy ketika menjawab pertanyaan dari kita karena cerita kehidupan mereka adalah cerita yang terbaik di benak pikiran mereka jadi jangan pernah potong pembicaraan kalau pas ngobrol dengarin dulu sampai mereka selesai, baru deh mulai bicara atau menanyakan hal menarik lainnya.

SUmber: Youtube Inspirasi4 Sukses